Silabus Bahasa Indonesia Kelas X SMA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017
S
I L A B U S
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Satuan
Pendidikan
: SMK NU Kaplongan
Kelas/Semester :
X/1
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu :
64 x 45 menit
Kompetnsi
inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
IPK
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.1 Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
|
Isi pokok laporan hasil observasi:
·
pernyataan umum;
·
hal yang dilaporkan;
·
deskripsi bagian;
·
deskripsi manfaat; dan
·
maksud
isi teks (tersirat dan tersurat).
|
· Menentukan isi pokok,
hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil
observasi.
· Menafsirkan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks
laporan hasil observasi.
· Mempresentasikan dan
menanggapi teks laporan hasil observasi
|
3.1.1.
Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi.
3.1.2.
Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan
(Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
· Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
· Internet
· Alam sekitar dan sumber lain yang relevan
|
4.1
Menginterpretasi isi teks laporan hasil
observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
|
4.1.1 Menafsirkan teks
laporan hasil observasi berdasarkan struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks
laporan hasil observasi.
4.1.2 Mempresentasikan teks
laporan hasil observasi
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan
memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
Isi pokok teks laporan hasil observasi:
·
pernyataan
umum;
·
deskripsi
bagian;
·
deskripsi
manfaat; dan
·
kebahasaan
(kalimat definisi, kata sifat).
|
· Mengidentifikasi isi,
struktur, dan ciri kebahasaan.
· isi, ciri kebahasaan
dalam teks laporan hasil observasi.
· Menyusun kembali teks
laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikan isi, struktur, dan
ciri kebahasaan.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks laporan hasil observasi yang telah disusun.
|
3.2.1.
Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.2.
Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi.
3.2.3.
Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks
laporan hasil observasi.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan
(Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.2 Mengidentifikasi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi
yang didengar dan atau dibaca
|
4.2.1
Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi
4.2.2
Menyusun teks laporan hasil observasi
4.2.3 Mempresentasikan teks
laporan hasil observasi yang telah disusun..
|
Produk,
Praktik (Penilaian Praktik), portofolio
|
||||
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
Isi teks eksposisi:
·
pernyataan
tesis;
·
argumen;
·
pernyataan
ulang; dan
·
kebahasaan.
Komentar terhadap:
·
Kekurangan
dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk
mendukung tesis).
|
· Menggali struktur,
isi, (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan
kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
· Menyusun teks
eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks eksposisi yang telah disusun.
|
3.3.1.
Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan
rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.2.
Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan
rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.3.3.
Menggali
kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi)
dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
|
4.3.1
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan
struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, rekomendasi
4.3.2 Mempresentasikan
teks eksposisi yang telah disusun.
|
Produk,
Praktik, portofolio
|
||||
3.4. Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks
eksposisi.
|
Struktur teks eksposisi:
·
pernyataan
tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·
argumen
(data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan
·
pernyataan
ulang.*
Kebahasaan:
·
kalimat
nominal dan
·
kalimat
verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·
deduksi
dan
·
induksi
|
· Menggali struktur dan
aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca.
· Menyusun kembali teks
eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan
rekomendasi), struktur, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks
eksposisi yang telah disusun.
|
3.4.1.
Menemukan struktur teks eksposisi yang
dibaca.
3.4.2.
Menumukan kebahasaan teks yang dibaca.
3.4.3.
Membandingkan dua teks eksposisi
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.4
Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1
Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan.
4.4.2 Mempresentasikan teks
eksposisi yang telah disusun.
|
Produk, Praktik
|
||||
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
|
Isi teks anekdot:
·
peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan publik,
Unsur anekdot:
·
peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan.
|
· Menilai isi dan aspek
makna tersirat dalam teks anekdot
· Menyusun kembali teks
anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
· Mempresentasikan,
mengomentari,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
|
3.5.1.
Menilai isi tersirat dalam teks anekdot
3.5.2.
Menilai aspek makna tersirat dalam teks anekdot
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
8 x 45’
|
|
4.5
Mengonstruksi makna
tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
|
4.5.1 Menyusun kembali teks
anekdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks anekdot yang dibaca
4.5.2 Mempresentasikan eks
anekdot yang telah disusun.
|
Produk,
Praktik
|
||||
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
|
·
Isi anekdot
·
Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
·
Sindiran.
·
Unsur humor.
·
Kata dan Frasa idiomatis
|
· Mengidentifikasi
struktur(bagian-bagian teks) anekdot dan kebahasaan .
· Menyusun kembali teks
anekdot dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan.
· Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi teks anekdot yang telah disusun.
|
3.6.1.
Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) anekdot
3.6.2.
Mengidentifikasi kebahasaan anekdot
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.6
Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
4.6.1
Menyusun teks anekdot
dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan.
4.6.2 Mempresentasikan teks
anekdot yang telah disusun.
|
Portofolio, praktik
|
||||
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung
dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
|
·
Karakeristik hikayat.
·
Isi hikayat.
·
Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan
penddikan).
|
· Mendata pokok-pokok
isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat.
· Menyusunteks eksposisi
berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat.
· Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun
|
3.7.1.
Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat.
3.7.2.
Mendata karakteristik dalam hikayat.
3.7.3.
Mendata nilai-nilai dalam hikayat.
|
Tes tertulis
(uraian), Penugasan (Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.7
Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang
didengar dan dibaca.
|
4.7.1
Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi dalam
hikayat.
4.7.2
Menyusun teks eksposisi berdasarkan pokok-pokok nilai-nilai
dalam hikayat.
4.7.3 Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang telah disusun
|
Proyek,
praktik
|
||||
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat
dan cerpen.
|
·
Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
·
Gaya bahasa.
·
Kata arkais (kuno).
|
· Menjelaskan persamaan
dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
· Menyusun kembali isi
cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
· Mempresesntasikan,
menanggapi, dan merevisiteks cerpen
yang disusun.
|
3.8.1.
Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan cerita
rakyat.
3.8.2.
Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita
rakyat.
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan
(Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.8
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam
bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8.1
Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan
memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.2 Mempresesntasikan teks
cerpen yang disusun..
|
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
|
||||
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan
kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
|
·
Ikhtisar
|
Laporan Hasil Membaca
Buku
· Melaporkan isi buku
yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
· Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi ikhtisar yang
dilaporkan.
|
3.9.1 mengungkapkan butir-butir penting dari
buku pengayaan nonfiksi yang dibaca
3.9.2 mengungkapkan butir-butir penting dari
satu novel yang dibaca
|
Tes tertulis (uraian), Penugasan
(Lembar kerja)
|
6 x 45’
|
|
4.9
Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku
pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
|
4.9.1
Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar.
4.9.2 Mempresentasikan
ikhtisar yang dilaporkan.
|
Produk, Proyek
|
Kaplongan, Juli 2019
Mengetahui
Kepala SMK NU Kaplongan, Guru Bahasa Indonesia,
Tobroni, M. Pd, M.Si. Melyah Dwi Lestari, S. Pd. .
NIP 197309132001121002
Comments
Post a Comment