Yuk Kekinian, dengan Menjadi Penulis Blog


Sering ga sih kalian dengar kata kekinian yang diucapkan orang-orang jaman sekarang? Khususnya kalangan remaja? Pasti sering banget kan ? Kalau saya sih jangan ditanya, emang udah ga aneh lagi dengan kata-kata itu guys. Kebetulan sekali nih, pembahasan kita kali ini adalah tentang trend kekinian yang diagungkan kalangan Muda. Tetapi yang akan saya bahas adalah mengenai sisi positiv dari kekinian itu ya guys.
Baiklah, langsung saja kita masuk ke pembahasan kekinian ya !


§  Pengertian Kekinian

Kekinian adalah istilah yang dipakai anak muda jaman sekarang untuk mengungkapkan hal-hal yang sedang populer, atau yang sedang booming. Jadi kata kekinian itu selalu dihubungkan dengan hal-hal yang uptodate. Bisa dibayangkan dong ya, kalau sebuah trend yang sudah tidak diminati oleh orang lagi terutama kalangan anak muda,  maka bisa dikatakan trend itu sudah tidak kekinian lagi. Karena lingkup kekinian hanya mencakup hal-hal yang sedang booming aja ya guys !
 
§  Hal-hal yang Kekinian

Nah, setelah kita tahu apa itu kekinian maka selanjutnya yang kita tanyakan adalah hal-hal apa saja yang bisa dikatakan kekinian? 
Hmm bicara soal kekinian, lingkupnya sangat luas guys. Karena istilah ini digunakan secara kompleks. Kekinian bisa dihubungkan dengan apapun yang sedang populer, terutama di kalangan muda. Apapun yang terkait dengan remaja, pasti dikatakan kekinian. Jadi, apabila ada kondisi dimana seorang remaja tidak mengikuti trend yang umumnya sedang terjadi, maka bisa dikatakan seorang remaja tersebut dianggap tidak kekinian. Orang yang sudah berumur bukan tidak bisa dikatakan kekinian ya guys, tetapi berhubung kalangan muda lah yang mempopulerkan istilah kekinian tersebut, maka yang lebih identik dengan masalah kekinian adalah kalangan remaja.
1.     Fashion

 Jelas banget. Faktor utama yang dianggap kekinian adalah masalah trend fashion, baik dari pakaian, sepatu, tas, hijab (untuk yang berhijab khususnya muslim), dan apapun itu yang berhubungan dengan apa yang dikenakan oleh kalangan remaja. 
 Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, orang yang sudah tidak remaja lagi bukan berarti tidak kekinian ya guys, tetapi di pembahasan saya kali ini saya lebih menekankan pada kalangan muda yang disini disebut-sebut sebagai kalangan yang paling update. 
Bisa dilihat dibawah, contoh-contoh dari fashion yang dianggap sedang kekinian atau hits. Dari mulai pakaian, hijab, sepatu, model tas, dan yang lainnya. 

Sebetulnya, masih banyak lagi ya guys ! saya rasa, kalian sudah bisa menentukan sendiri mana fashion yang sedang trend dan mana yang sudah tidak ngetrend lagi.

2.     Selfie

    Nah, kalau ini pasti sudah tidak asing lagi kan? Perkembangan teknologi yang semakin maju tentunya mempengaruhi teknologi yang masuk di negara kita. Dewasa ini, perkembangan smartphone telah didukung oleh fitur-fitur yang canggih. Salah satunya adalah kamera depan. Hal ini menimbulkan masyarakat terutama kalangan muda memanfaatkan fitur tersebut untuk memotret diri sendiri yang saat ini populer dengan istilah selfie. Fitur tersebut memudahkan penggunanya untuk menentukan sendiri bagaimana angle yang diinginkannya tanpa khawatir hasil potretnya tak sesuai dengan yang diinginkan. 
    Perkembangan selfie ini lama-kelamaan menjadi budaya kekinian yang sudah sangat akrab dengan masyarakat. Apalagi aplikasi-aplikasi lain dan hardware-hardware pendukung kini banyak bermunculan untuk mendukung fungsi kamera depan tersebut. 





3.     Bahasa Gaul

Dari dulu hingga saat ini, keberadaan bahasa-bahasa yang dianggap gaul ini berkembang sesuai zamannya. Istilah-istilah baru tersebut muncul di kalangan muda untuk mengisyaratkan sesuatu hal. Seseorang remaja atau kalangan muda yang tak paham mengenai istilah-istilah tersebut bisa dianggap kudet (kurang update). Nah kudet juga salah satu bahasa gaul loh guys !
Contoh bahasa gaul yang lain diantaranya adalah alay, GWS, TFT, garing, baper, dan masih banyak lagi.


4.     Medsos (Media Sosial)

Ini nih yang paling seru dari pembahasan kita. Siapa sih yang ga tau media sosial? Kalau mengaku kekinian, pasti deh punya segala akun media sosial yang paling trend. Dari mulai Facebook, Twitter, Instagram, Yahoo Messenger, WhatsApp, Youtube, Blackberry Messenger (BBM), Line, Skype, Blogger, dan masih banyak lagi. 
Nah, jadi kalau kamu termasuk seseorang yang menganggap dirimu kekinian tetapi tak mengenal salah satu dari akun media sosial tersebut, hati-hati dibilang kudet yah guys ! haha

 
Sebetulnya dari trend kekinian yang telah kita paparkan di atas, kita bisa loh mengambil sisi positivnya dengan menjadi penulis blog.

Loh kok bisa? Apa hubungannya?
Ya iya dong bisa, coba deh kalian bayangin. Menjadi penulis blog itu dilatih untuk menjadi kreatif, yang mengharuskan kita menyuguhkan tulisan-tulisan yang segar atau yang sedang hangat dibicarakan. Kalau begitu, berarti sama kan dengan konsep kekinian tadi?
Nah, penulis blog juga biasanya sering melakukan observasi terlebih dahulu mengenai topik apa yang akan di bahasnya dalam blog, ini yang menjadikan penulis blog mau tak mau harus mengikuti trend kekinian yang sedang diminati. Karena hal tersebut dapat menentukan jumlah pengunjung blog kita, memungkinkan artikel yang kita tulis dalam blog itu menjadi pencarian para kalangan kekinian. Dengan begitu, secara otomatis kitapun menjadi kaum kekinian yang tak hanya menjadi pengkonsumsi trend belaka, tetapi kita mampu menjadi orang yang bermanfaat atas trend kekinian tersebut, bahkan bisa jadi loh menjadi pihak yang di untungkan.

Baiklah, mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang dunia kekinian kali ini ya guys ! Semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. :)
 

           


Comments

Post a Comment

Popular Posts