"Pembenahan, Jalan Terbaik Menuju Masa Depan"
Pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia sampai kapan dan
dimanapun ia berada. Sebab, tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan
bahkan akan terbelakang. Bangsa yang maju dan beradab akan terlihat dari pola
pendidikan yang dilaksanakan oleh bangsa tersebut. Pendidikan akan menjadi
penentu gerak langkah bagi kemajuan suatu bangsa. Dengan demikian pendidikan
harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan
mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang
baik.
Tujuan pendidikan yang kita harapkan adalah mencerdaskan kehidupan
bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Pendidikan harus mampu
mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif dalam seluruh lapangan
kehidupan, cerdas, aktif, kreatif, terampil, jujur, berdisiplin dan bermoral
tinggi, demokratis, dan toleran dengan mengutamakan persatuan bangsa dan
bukannya perpecahan.
Mempertimbangkan pendidikan anak-anak sama dengan mempersiapkan
generasi yang akan datang. Tuntutan pendidikan sekarang dan masa depan harus
diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta
sikap, kepribadian dan moral manusia Indonesia pada umumnya. Dengan kemampuan
dan sikap manusia Indonesia yang demikian diharapkan dapat mendudukkan diri
secara bermartabat di masyarakat dunia di era globalisasi ini.
Pendidikan yang sedang dijalani sekarang adalah cerminan pendidikan
masa depan. Jika pencapaian hasil pendidikan cenderung merosot, kita bisa
memprediksikan bagaimana pendidikan di masa yang akan datang, begitupun
sebaliknya. Hal yang mungkin dilakukan untuk mengantisipasi adalah mengupayakan
peningkatan partisipasi masyarakat terhadap dunia pendidikan, peningkatan
kualitas dan relevansi pendidikan, serta perbaikan manajemen di setiap jenjang,
jalur, dan jenis pendidikan. Mutu pendidikan juga dapat ditingkatkan dengan
melakukan serangkaian pembenahan terhadap segala persoalan yang dihadapi. Pembenahan
itu dapat berupa pembenahan terhadap kurikulum pendidikan yang dapat memberikan
kemampuan dan keterampilan dasar minimal, menerapkan konsep belajar tuntas dan
membangkitkan sikap kreatif, demokratis dan mandiri. Perlu diidentifikasi
unsur-unsur yang ada di daerah yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi proses
peningkatan mutu pendidikan, agar semakin maksimalnya proses pembenahan
tersebut.
Tentunya dengan adanya pembenahan diharapkan pendidikan mampu
menjadi pilar utama bagi kemajuan suatu bangsa. Pendidikan harus menjadi
prioritas bagi pembangunan,dengan tidak mengesampingkan sektor lain. Untuk
memajukan pendidikan tidak hanya dengan merobah kurikulum dan melengkapi sarana
dan prasarana saja, melainkan juga memperhatikan pembangunan SDM yang akan
mengemban pendidikan tersebut. Oleh karena itu untuk mencapai pendidikan yang
lebih baik dimasa datang,yang menjadi prioritas utama adalah pembenahan SDM
nya,terutama menumbuhkan kesadaran bagi setiap elemen masyarakat dan pemegang
kekuasan untuk berbenah diri.Terutama berbenah dari segi ketaatan pada asas dan
aturan. Taat asas berarti memberikan keteladan bagi masyarakat pada umumnya,sehingga
pendidikan sekarang menjadi cermin perbandingan untuk kebijakan pembangunan
pendidikan masa depan.
Comments
Post a Comment