"Pembenahan, Jalan Terbaik Menuju Masa Depan"



Pendidikan merupakan kebutuhan setiap manusia sampai kapan dan dimanapun ia berada. Sebab, tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Bangsa yang maju dan beradab akan terlihat dari pola pendidikan yang dilaksanakan oleh bangsa tersebut. Pendidikan akan menjadi penentu gerak langkah bagi kemajuan suatu bangsa. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik.
Tujuan pendidikan yang kita harapkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Pendidikan harus mampu mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif dalam seluruh lapangan kehidupan, cerdas, aktif, kreatif, terampil, jujur, berdisiplin dan bermoral tinggi, demokratis, dan toleran dengan mengutamakan persatuan bangsa dan bukannya perpecahan.
Mempertimbangkan pendidikan anak-anak sama dengan mempersiapkan generasi yang akan datang. Tuntutan pendidikan sekarang dan masa depan harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral manusia Indonesia pada umumnya. Dengan kemampuan dan sikap manusia Indonesia yang demikian diharapkan dapat mendudukkan diri secara bermartabat di masyarakat dunia di era globalisasi ini.
Pendidikan yang sedang dijalani sekarang adalah cerminan pendidikan masa depan. Jika pencapaian hasil pendidikan cenderung merosot, kita bisa memprediksikan bagaimana pendidikan di masa yang akan datang, begitupun sebaliknya. Hal yang mungkin dilakukan untuk mengantisipasi adalah mengupayakan peningkatan partisipasi masyarakat terhadap dunia pendidikan, peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan, serta perbaikan manajemen di setiap jenjang, jalur, dan jenis pendidikan. Mutu pendidikan juga dapat ditingkatkan dengan melakukan serangkaian pembenahan terhadap segala persoalan yang dihadapi. Pembenahan itu dapat berupa pembenahan terhadap kurikulum pendidikan yang dapat memberikan kemampuan dan keterampilan dasar minimal, menerapkan konsep belajar tuntas dan membangkitkan sikap kreatif, demokratis dan mandiri. Perlu diidentifikasi unsur-unsur yang ada di daerah yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi proses peningkatan mutu pendidikan, agar semakin maksimalnya proses pembenahan tersebut.
Tentunya dengan adanya pembenahan diharapkan pendidikan mampu menjadi pilar utama bagi kemajuan suatu bangsa. Pendidikan harus menjadi prioritas bagi pembangunan,dengan tidak mengesampingkan sektor lain. Untuk memajukan pendidikan tidak hanya dengan merobah kurikulum dan melengkapi sarana dan prasarana saja, melainkan juga memperhatikan pembangunan SDM yang akan mengemban pendidikan tersebut. Oleh karena itu untuk mencapai pendidikan yang lebih baik dimasa datang,yang menjadi prioritas utama adalah pembenahan SDM nya,terutama menumbuhkan kesadaran bagi setiap elemen masyarakat dan pemegang kekuasan untuk berbenah diri.Terutama berbenah dari segi ketaatan pada asas dan aturan. Taat asas berarti memberikan keteladan bagi masyarakat pada umumnya,sehingga pendidikan sekarang menjadi cermin perbandingan untuk kebijakan pembangunan pendidikan masa depan.

Comments

Popular Posts