Sejarah Sastra PERIODE HINDU BUDHA




Periode Hindu Buddha dipengaruhi sangat kuat dari kebudayaan India kira-kira semenjak abad ke-5 M hingga abad ke-14 M. Namun pencapaian keduanya cenderung berbeda. Ketika orang Melayu mulai mengenal agama Hindu dan Buddha yang berasal dari India, mereka turut mengadopsi bahasa dan aksara yang digunakan di dalam dua agama tersebut.
Perkembangan pengaruh Hindu Buddha dari India membawa kemajuan pesat dalam bidang karya sastra. Salah satu karya yang populer pada masa periode Hindu Buddha yaitu Ramayana dan Mahabharata. Kemudian dengan munculnya agama Buddha di India maka pengaruh India terhadap bangsa Melayu semakin besar. Apalagi agama Buddha tidak mengenal kasta, sehingga mudah beradaptasi dengan masyarakat Melayu. Adanya kitab-kitab ini memacu para pujangga di Indonesia untuk menghasilkan karya-karya sastra.
1.    Kitab
Kitab merupakan tulisan berupa kisah, cerita, sejarah, dan kadang campuran antara legenda-mitos-sejarah sekaligus.

2.    Ramayana
Ramayana adalah epos India yang terkenal. Ramayana adalah kavya, yaitu puisi yang dipakai untuk memberi ajaran moral kepada para muda-mudi. Ajaran yang diberikan luas sekali; ia meliputi darmasastra (ajaran moral); arthasastra (ajaran politik dan peperangan) dan nitisastra (ajaran tentang cara hidup yang mudah).

3.    Mahabarhata
Inti cerita Mahabharata ialah sejarah bangsa bharata yang terdiri dari 24.000 seloka. Tetapi dengan peredaran zaman, bermacam-macam cerita dongeng dimasukkan kedalamnya, misalnya dongeng tentang Brahmana, Wisnu dan Siwa. Ia bukan epos biasa lagi, ia sudah menjadi buku suci orang hindu, buku suci yang menerangkan cara hidup orang hindu, susunan masyarakat dan politiknya.

Comments

Popular Posts